Senin, 04 November 2013

Susu unta, menyehatkan atau sebaliknya?


Disela-sela kegiatan ibadah yang cukup padat, ketika Saya sedang mengunjungi Hudaibiah (25 Km dari Mekah) Saya sempat singgah ke salah satu peternakan unta yang banyak terdapat disepanjang jalan yang dilalui

Menurut Saya, apa yang dikatakan oleh Tour Leader sebagai peternakan unta ini lebih tepat jika disebut dengan tempat penjualan susu unta

Tempat penjualan susu unta

Lumayan banyak juga calon pembelinya

Ada sekitar 12 ekor unta yang dilihat disitu, terkurung didalam pagar kawat sebagai pajangan, dan tidak seberapa jauh dari kumpulan unta tersebut didirikan sebuah tenda sebagai tempat penjualan susu unta yang dikemas didalam botol kecil berukuran 300 Mili

Saya kurang tahu khasiat yang terkandung didalam susu unta tersebut, tetapi rasa penasaran untuk mencobanya yang membuat Saya bersedia merogoh kocek sebesar lima real untuk membelinya

Walau waktu itu ada diantara teman yang bercanda, “siapa yang meminum susu ibu unta, maka otomatis akan menjadi saudara sesusuan dengan anak unta”

Saya hanya tersenyum saja mendengar canda tersebut, dan tetap melanjutkan meminum susu unta yang sudah terlanjur dibeli tadi
Rasanya tidak jauh berbeda dengan rasa susu sapi, gurih, agak asin sedikit dan beraroma bau unta tentunya

Onta atau Unta (Camellus)

Berphoto ria dengan Saudara Sesusuan ?

Setelah Saya kembali ke hotel, Saya browsing internet karena ingin tahu lebih jauh mengenai kandungan yang terdapat didalam susu unta, ternyata susu unta jauh lebih bergizi dibandingkan dengan susu sapi. Sebab susu unta mengandung sedikit lemak dan kolesterol, dan kaya dengan zat besi, potassium, dan mineral.

Sebuah studi menunjukkan, bahwa kandungan lemak per unit susu unta adalah 1,8 % - 3,8 %. Vitamin C dan Niacin, lebih tinggi bila dibanding susu sapi, tetapi pada susu unta berisi lebih sedikit Vitamin A, B2, Folic Acid, dan Panthontenic Acid

Meminum susu unta yang tidak dimasak dengan baik dan benar dapat mengakibatkan tertular bakteri brucellosis.
Bakteri ini dapat menulari manusia melalui produk susu yang tidak diolah terlebih dahulu. Atau kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi

Saya sempat merinding juga ketika membacanya, walau Saya sendiri tidak tahu sebesar apa bahaya yang dapat ditimbulkan jika seseorang tertular oleh bakteri brucellosis

Penasaran ingin meminum susu unta? 
Sebaiknya teliti dulu sebelum meminumnya, apakah susu tersebut sudah diolah dengan baik atau belum, oleh penjualnya

Mengapa?
Keinginan awal Anda untuk mendapatkan kekuatan fisik seperti unta tidak terpenuhi, tetapi ada kemungkinan mendapatkan keluhan lain, yang dapat mengganggu kelancaran ibadah


Tidak ada komentar: