Kamis, 13 Juli 2017

Jalan-jalan ke Dieng Plateu, Wonosobo (Bagian 1)

Penunjuk Waktu telah masuk pukul 21.00 ketika Saya tiba disebuah gerai Fast Food dibilangan Semanggi pada Jum’at malam di bulan Februari lalu

Sebuah tempat yang telah kami sepakati sebelumnya, starting point untuk berkumpul bila ingin bepergian

Tujuan kami Dieng Plateu di Jawa Tengah, rombongan berjumlah 15 orang termasuk sopir, setelah peserta berikut barang bawaannya lengkap, Mini Bus meninggalkan tempat parkir menuju keluar kota

Malam belum begitu larut, ketika kami meninggalkan Tol Cipali untuk masuk ke Tol berikutnya, penumpang di kabin belakang telah ada yang terlelap, sementara yang lainnya masih asik dengan ponselnya

Saya tidak terbiasa tidur jika sedang dalam perjalanan, dan untuk mengusir rasa kantuk, hanya satu pilihanku, mengajak ngobrol Pak Sopir

Losari, Brebes, Tegal, dan Slawi sudah dilewati, hampir setengah wilayah Jawa Tengah telah kami arungi, posisi kami sekarang berada di lereng Gunung Slamet untuk menuju kota berikutnya, Purbalingga

Informasi yang Saya dapat dari Pak Sopir, menjelang subuh kami sudah sampai di Purbalingga, saat itu masih Saya sempatkan untuk berdoa agar perjalanan kami tidak ada halangan

Ternyata Pak Sopir benar, menjelang subuh kami sudah sampai di Purbalingga, setelah singgah beberapa menit pada sebuah masjid untuk Sholat Subuh, kami menuju Banjarnegara, untuk lanjut lagi ke kota berikutnya, Wonosobo

Dua jam berselang kami telah sampai di alun-alun kota Wonosobo, Alhamdulillah perjalanan lancar sesuai dengan rencana

Setelah cuci muka dan menikmati kopi panas dan jajanan, kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Dieng Plateu

Jarak Wonosobo ke Dieng sekitar 25 Km, waktu itu Saya sempat bertanya kepada Pak Sopir, kenapa tidak langsung menggunakan jalan dari Banjarnegara menuju Dieng

Pak Sopir menjawab, Dia tidak mau ambil resiko di jalan, karena menurutnya perjalanan akan jauh lebih aman jika ke Wonosobo dulu baru menuju Dieng

Saya tidak ingin bertanya lebih jauh, karena Saya yakin Pak Sopir pasti lebih tahu kondisi jalan yang akan dilaluinya

Sekitar pukul 10.00 kami sudah sampai di Pintu Gerbang masuk ke Dataran Tinggi Dieng, tempat wisata pertama yang kami datangi adalah Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Ada tiga kawah di Dieng Plateu, Kawah Sikidang, Kawah Candra Dimuka, dan Kawah Sileri

Kawah Sikidang termasuk kawah yang terbaik, dan juga merupakan tempat wisata favorit, Kawah ini aman, dan mudah didatangi

Ketika kami memasuki wilayah Sikidang, aroma blerang mulai terasa menyengat dihidung, tidak berbahaya sih, tetapi cukup mengganggu karena belum terbiasa

Saya memasang masker yang tadi Saya beli diparkiran. Kemudian berbaur dengan pengunjung lain dan mendekat ke bibir kawah, asap putih dan aroma belerang yang keluar dari tengah kawah memberikan sensasi tersendiri yang tidak dijumpai ditempat wisata lain

Setelah menghabiskan waktu sekitar dua jam, kami meninggalkan Kawah Sikidang menuju ke Home Stay untuk mandi, istirahat, makan siang, dan Sholat Zuhur

Wana Wisata Petak Sembilan
Tempat Witasa berikutnya yang kami datangi adalah Wana Wisata Petak Sembilan

Tempat wisata berupa bukit kecil yang ditumbuhi oleh rumputan diselingi oleh hutan kecil dengan ragam pohon yang tumbuh secara alami disitu

Dibukit ini terdapat area untuk Camping Ground, Pengunjung diperbolehkan mendirikan kemah untuk bermalam (kalau mau), tentunya setelah meminta ijin sebelumnya, kepada pengelola

Bukit kecil ini bernama Bukit Sidengkeng, aman untuk didaki karena sudah tersedia jalan untuk pendakian, bukit ini berukuran sedang dan tidak terlalu tinggi, sudut pendakian sekitar 30 derajat

Dari ketinggian Bukit Sidengkeng dapat dinikmati keindahan Telaga Warna, terutama pada saat terjadinya pergantian warna air telaga, pemandangan indah warna air telaga dari ketinggian, tidak dapat terlihat dengan baik jika kita berdiri langsung dipinggiran telaga

Perubahan warna air sangat tergantung pada kondisi cuaca (hujan atau panas) dan juga penyebaran kandungan sulfur yang terdapat pada air telaga

Telaga Warna
Kami menuruni Bukit Sidengkeng, untuk melihat lebih dekat Telaga Warna

Seperti yang Saya tulis sebelumnya, keindahan Telaga Warna hanya dapat dinikmati dengan lebih baik dari ketinggian saja

Disini kami hanya melepaskan penat sambil menghabiskan waktu untuk berphoto, membeli minuman ringan, dan menikmati jajanan yang banyak dijual disitu

Cuaca disekitar telaga mudah berubah dan tidak bisa diprediksi, dari semula cerah tiba-tiba berubah berkabut, dan hujan, dan tidak lama kemudian berubah menjadi cerah kembali

Kompleks Candi
Hujan mulai turun ketika kami meninggalkan Telaga Warna,  tujuan kami selanjutnya menuju kompleks percandian

Mengapa Saya menyebutnya dengan kompleks percandian  karena disitu terdapat beberapa bangunan candi, Saya tidak sempat memperhatikan yang mana Candi Bima atau Candi Arjuna dan seterusnya

Hujan belum juga reda, sementara candi yang mau didatangi berada diruang terbuka, dari pada kehujanan yang bisa berujung sakit, waktu tunggu hujan ini kami gunakan untuk menikmati Mie Ongklok disebuah kedai didepan kompleks candi (makanan khas Dieng ini, tampilannya sama seperti Mie Kuah biasa)

Mie Ongklok tandas, hujanpun berhenti, kami segera masuk ke area candi, waktu yang tersisa hanya sekitar satu jam saja, karena sudah tersita oleh hujan

Setelah berkeliling sebentar sambil mengambil photo seperlunya, Hampir menjelang maghrib ketika kami meninggalkan area tersebut

Acara selanjutnya, kembali ke Home Stay untuk mandi, makan malam, dan istirahat,  karena pada pukul 04.00 diniharinya, kami harus bersiap untuk mendaki Bukit Sikunir, mau melihat terbitnya matahari dari ketinggian